Soal Ulangan Informatika

Soal ulangan informatika

1. Kurikulum Informatika terdiri atas 8 elemen. Sebutkan kedelapan elemen tersebut!

Jawaban:

- Berpikir Komputasional (BK)
- Teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
- Sistem Komputer (SK)
- Jaringan Komputer dan Internet (JKI)
- Analisis Data (AD) 
- Algoritma dan Pemrograman (AP)|
- Dampak Sosial Informatika (DSI)
- Praktik Lintas Bidang (PLB)

2. Apakah siswa atau peserta didik dapat memahami konsep dan implementasi informatika dengan lebih baik dan bermakna dengan tidak menggunakan Komputer? Jelaskan pendapat kamu dalam bentuk kalimat.

Jawaban: Tidak, mungkin bisa mencari informasi dari buku tetapi informatika lebih banyak berhubungan dengan hal-hal seperti internet. Jadi harus menggunakan komputer.

3. Sebutkan 6 prinsip yang perlu dipahami oleh siswa atau peserta didik dalam mempelajari Informatika!

Jawaban: 

 1.Informatika didasari berpikir komputasional (computational thinking) sebagai landasan berpikir. Berpikir merupakan elemen paling penting dalam belajar.

 2. Informatika bukan hanya memakai gawai atau komputer, tetapi juga memakai aplikasi (perangkat lunak) dan memahami sistem komputasi. Informatika merupakan salah satu cabang ilmu seperti halnya matematika, biologi, dan ekonomi. 

3. Informatika terdiri atas konsep keilmuan dan praktik, dikemas dalam aktivitas pembelajaran yang diharapkan akan menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan, bermakna, dan berkesan untuk kemudian dapat diterapkan dalam menyelesaikan persoalan kehidupan sehari-hari.

4. Informatika merupakan ilmu yang berinteraksi dengan semua bidang lain. Oleh sebab itu, setelah belajar Informatika, kalian perlu memikirkan: Apa kaitannya dengan mata pelajaran dan bidang lain? Apa yang kudapatkan pada pembelajaran Informatika? Apa yang dapat membantuku untuk memahami mata pelajaran lain dengan lebih baik dan sebaliknya? Apa yang dapat kuterapkan untuk menyelesaikan kan persoalan yang kuhadapi dalam kehidupan sehari-hari? 

5. Pembelajaran Informatika akan mendidik kalian suatu hari menjadi pencipta ide, karya digital kreatif, aplikasi atau sistem komputasi di dunia digital, bukan hanya sebagai pengguna teknologi atau konsumen produk. 

6. Pembelajaran Informatika kelas VIII ini dilakukan sebagai kelanjutan pembelajaran kelas VII, untuk pendalaman konsep Informatika dan pembentukan keterampilan dan pembentukan karakter yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila.

 
4. 
Coba kalian tuliskan dan berikan contoh belajar informatika tanpa menggunakan Komputer dan internet!

Jawaban: Belajar informatika bisa dilakukan tanpa komputer maupun internet dengan menggunakan buku.

5. 
Sebutkan keenam dimensi Profil pelajar pancasila tersebut!

Jawaban:

- Beriman, bertaqwa kepada tuhan YME, dan berakhlak mulia
- Mandiri
- Berkbinekaan global
- Bergotong royong
- Kreatif
- Bernalar kritis

6. Apakah selama ini kamu sudah menjalankan kegiatan sehari-hari dengan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila? Tuliskan jawabanmu dalam bentuk kalimat dan jelaskan apa saja yang sudah kamu lakukan dalam kegiatan sehari-hari!

Jawaban: Ya, salah satu contohnya adalah menyiapkan sarapan sendiri. Itu termasuk salah satu profil pelajar pancasila yaitu mandiri. 

7. Proyek apa yang sudah kalian kerjakan dari guru INFORMATIKA secara berkelompok?

Jawaban: Membuat PPT bersama berdasarkan rangkuman materi informatika.

8. Tuliskan dalam bentuk kalimat dan berikan contoh-contohnya!

Jawaban: Ya, saya menggunakan berpikir kompostional untuk menyelesaikan soal-soal yang diberi oleh guru

9. Tuliskan lebih dari tiga aplikasi perkantoran yang sudah kamu kuasai!

Jawaban:

- Microsoft Excel
- Microsoft Office Word
- Google Documment
- Microsoft PowerPoint


10. 
Dari pertemuan pertama hingga pertemuan keenam, tugas-tugas apa saja yang sudah kalian kerjakan di blog? Tuliskan dengan lengkap alamat blog kamu! 

Jawaban: Saya sudah melakukan , alamat blog saya adalah: Inaralabs.com

11. Buatlah sebuat cover buku bagian depan dan belakang yang berjudul Belajar Informatika di Kelas 8! Buatlah dengan aplikasi Canva atau aplikasi lainnya yang sudah kamu kuasai! 





12. membuat peta pikiran atau peta konsep yang mengoneksikan elemen-elemen tersebut menjadi pengetahuan yang utuh? Kalau dapat, silahkan dibuatkan peta konsepnya dari sudut pandangmu sendiri!



13. Pengalaman beraktivitas pada elemen yang mana yang paling berkesan dari 8 elemen informatika? Mengapa? Ceritakan dengan ringkas dan kalimat yang jelas!.

Jawaban: Elemen paling berkesan menurut saya adalah berpikir komputasional dikarenakan dengan menggunakan berpikir komputasional kita dapat menyelesaikan pertannyaan maupun persoalan dengan mudah.

14. Elemen apa yang menurut kalian merupakan muatan paling banyak dan paling penting?

Jawaban: Berpikir Komputasional

15.  Buatlah sebuah album dengan Microsoft power point yang berisi jadwal mata pelajaran kamu dari hari Senen sampai Jumat!

16. Ibunda atau ibu kalian memberi uang Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah) untuk membeli gula pasir. Kalian pergi ke warung TERDEKAT membawa uang dan kalian kembali membawa gula (dan uang kembalian, jika Bunda memberi uang melebihi harga gula). Karena kalian sudah SMP dan sudah “teruji” pergi ke warung untuk membeli gula pasir yang diminta Bunda, Bunda tidak perlu merinci kepergian kalian ke warung. Hal yang penting, kalian berangkat dengan membawa uang dan kembali dengan membawa gula pasir sesuai pesan Bunda, serta uang kembalian jika memang bersisa. Contoh yang terakhir ini lebih dekat dengan konsep algoritma, dimana Bunda memberi kalian instruksi untuk membeli gula PASIR, dan karena kalian memahami instruksinya, kalian dapat melakukannya, yaitu “menukar” uang dengan gula pasir. Jika harga gula PASIR sebungkus Rp. 30.000, berapa bungkus gula kalian dapatkan? Apakah masih ada uang tersisa yang kalian kembalikan kepada Ibunda atau Ibu?

Jawaban: Kita dapat membeli 3 bungkus gula dengan sisa uang 10.000

17. Tantangan: Jika Bobo ingin mendapatkan sebuah kue berbentuk persegi ketika keluar dari bagian K, bentuk adonan awal apa yang harus dimasukkan ke mesin dan dimasukkan ke pintu nomor berapa? Pilih salah satu: A. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ( ) ke lubang input nomor 1. B. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ( ) ke lubang input nomor 2. C. Berikan input adonan berbentuk segitiga ( ) ke lubang input nomor 2. D. Berikan input adonan berbentuk segitiga ( ) ke lubang input nomor 3. Jawaban kalian adalah: …….. Tuliskan dengan ringkas, cara kalian menyelesaikan masalah tersebut!.

Jawaban: B. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ( ) ke lubang input nomor 2.

18. Buatlah gambar dalam bentuk power point yaitu irisan buah kesukaan adik, buah kesukaan kakak, buah kesukaan adik atau kakak, dan buah kesukaan adik dan kakak!



19. Tolong tuliskan langkah-langkah KAMU dalam membuat mie goreng!

Jawaban: 

1. Siapkanlah panci dan mangkuk
2. Tuangkanlah air di dalam panci dan tunggu samapi air tersebut mendidih
3. Buka satu pack mie goreng
4.  Jika air sudah mendidih masukan mie
5. Jika mie sudah selesai direbus saringlah air dari panci
6. Masukan mie kedalam mangkuk 
7. Campurlah semua bumbu dalam mie 
8. Aduk mie tersebut dengan garpu 
9. Nikmati mie 

Buatlah slide presentasi singkat dari kunjungan museum ke Bogor sewaktu kalian kelas 7! (bagi yang tidak ikut, ceritakan keadaanmu saat itu)

Jawaban: Slide

Comments

Popular posts from this blog

50 Soal Informatika

Microsoft Excel